Bupati Lingga Provinsi Kepri Kunjungi Bone

PDFPrintE-mail

Bupati Lingga Provinsi Kepri H.Alias Wello,S.IP. bersama anggota DPRD Kabupaten Lingga dan Kepala SKPD Kabupaten Lingga mengunjungi Kabupaten Bone. Disambut langsung oleh Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. didampingi Wabup Drs.H.Ambo Dalle, M.M. bersama Dandim 1407 Bone di Rujab Bupati Bone, Rabu 14 Februari 2017.

Bupati Lingga merupakan asli putra daerah Bone dan menjadi Bupati di kabupaten Lingga dan berharap dengan kunjungannya ke kabupaten Bone menjalin kerja sama dalam penguatan di bidang pertanian dan peternakan. Ia berharap bisa mengadaptasi pencapaian pertanian dan peternakan yang ada di kabupaten Bone untuk diterapkan di kabupaten Lingga Provinsi Kepri.

Dihadapan pejabat Pemkab Bone, Bupati Lingga menuturkan jika dia sengaja membawa rombongan yang didominasi pejabat dari keturunan Bugis. Tujuan kehadiran kami di Bone untuk menjalin kerja sama dengan Pemda Bone untuk penguatan bidang pertanian sekaligus pulang kampung (Pulkam)." Saya sendiri punya bapak dari Dusun Botto Desa Pattiro Sompe Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone sedangkan ibu dari Parepare," ungkapnya.

"Untuk menuju ke Bone ini kami harus naik feri dari Lingga ke Batam selama 3 jam, kemudian naik pesawat ke Jakarta selama 1 jam 20 menit kemudian ke Makassar selama dua jam baru masuk ke Bone selama empat jam," tutur Bupati yang dilantik 17 Februari 2016 lalu ini.

Bupati Lingga mengungkapkan wilayah kepemimpinannya merupakan daerah kepulauan. "Lingga memiliki 604 pulau dan hanya 98 pulau ditinggali dengan jumlah penduduk mencapai 102 ribu,” ungkapnya

Olehnya itu untuk mengembangkan pertanian, peternakan dan perikanan harus dirintis dari awal. "Kami ingin belajar di sini dan berharap ada MoU Lingga dengan Bone," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. dihadapan Bupati Lingga dan menyampaikan bahwa, Bone menjadi barometer dan selalu diperhitungkan khususnya di Sulawesi Selatan dalam bidang politik dan perekonomian.

"Kami mampu mengubah pola pikir petani dari hambur lansung menjadi tanam pindah, itu semua berkat kerja sama Forkopimda Bone, selain itu beberapa wilayah menjadi percontohan terkait pemanfaatan pekarangan rumah sebagai kebutuhan sehari hari,"ungkapnya.
"Pertumbuhan ekonomi selalu meningkat dan kami selalu membuka diri bagi yang ingin bekerja sama untuk kemajuan Bone,"ujar Bupati Bone. Acara ramah tamah kedua tokoh Bugis ini ditutup dengan saling tukar cenderamata dari masing-masing kabupaten.


(Dinas Kominfo dan Persandian)

Share

SELAMAT HARI JADI BONE KE-687

PILIHAN BAHASA

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Dutch English French German Italian Japanese Korean Spanish Swedish Thai Vietnamese

Statistik Pengunjung

  • Content View Hits : 7647469
We have 263 guests online